Rabu, 25 Maret 2020

KABEL JARINGAN

ASSALAMUALAIKUM WR.WB.

Selamat pagi, siang, sore,atau kapan pun kalian melihat blog ini. Kembali lagi bersama aya untuk membahas suatu pembelajaran yang amat menarik dan insyallah bermanfaat bagi orang-orang yang membutuhkannya. Tentunya di "share for understanding". Check this out!



APA ITU KABEL JARINGAN?

Hasil gambar untuk kabel jaringan komputer


KABEL JARINGAN- Dikutip dari www.pintarkomputer.comkabel jaringan merupakan salah satu media transmisi yang digunakan pada jaringan komputer agar setiap komputer/perangkat yang tergabung di dalamnya bisa saling berkomunikasi. Selain menggunakan kabel, terdapat juga media transmisi yang tidak menggunakan kabel yang lebih sering kita sebut wireless.

Teknologi saat ini sudah berkembang pesat. Menghubungkan atau membuat sebuah jaringan dari beberapa komputer bukanlah hal yang sulit lagi. Membuat jaringan suatu komputer dapat digunakan dengan media kabel atau nonkabel. 


Dibandingkan media tanpa kabel, media kabel lebih memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi serta jangkauan yang lebih jauh.


Dalam penggunaannya, kabel jaringan komputer terdiri dari beberapa tipe yang biasanya disesuaikan dengan kebutuhan, kondisi, topologi jaringan, protokol dan ukuran jaringan komputer tertentu. Sebagai contoh, ada kabel jaringan komputer yang digunakan dalam jumlah sedikit (misalnya melalui Ethernet), namun ada pula penggunaan kabel jaringan komputer yang hampir tak terbatas (misalnya melalui interkoneksi internet).http://www.votecamejo.com/technology/pengertian-dan-jenis-kabel-jaringan/



Fungsi Kabel Jaringan Komputer


Fungsi jaringan kabel komputer adalah mentransmisikan data yang diperoleh dari server, menuju komputer user atau client dengan mengandalkan konektivitas dari sebuah kabel. Dengan adanya jaringan kabel ini, maka sebuah jaringan bisa dibangun hanya dengan cara mengkoneksikan kabel dengan server, client, dan juga perangkat keras jaringan lainnya.

Tentu saja, penggunaan kabel jaringan harus juga didukung oleh berbagai macam perangkat keras jaringan yang memadai dan juga berkualitas, agar nantinya proses transfer dan transmisi data menjadi lebih baik lagi dan juga tidak mengalmai gangguan.


Hasil gambar untuk kabel jaringan komputer


KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
  • Kelebihan Kabel Jaringan
  1. Kabel jaringan lebih menjangkau hingga daerah-daerah pelosok yang belum terdapat akses wireless (koneksi nonkabel)
  2. Biaya untuk membangun menggunakan kabel jaringan lebih murah dibandingkan dengan wireless
  3. Jaringan lebih stabil saat mentransmisikan data
  4. Tidak terpengaruh dengan cuaca di sekitar
  • Kekurangan Kabel Jaringan
  1. Membutuhkan banyak kabel, apalagi untuk jaringan yang luas dan besar
  2. Perlu diperhatikan dalam penempatan kabel, jangan sampai terjadi masalah seperti kabel robek akibat digigit hean pengerat.
  3. Instalasinya melibatkan banyak kabel sehingga membuat tampilannya tidak terlihat rapi
  4. Kabel mudah goyang atau tanggal sehingga mengganggu menyaluran data
  5. Pemasangan harus oleh seorang yang berpengalaman dan handal

JENIS-JENIS KABEL JARINGAN KOMPUTER


  1. KABEL COAXIA




Kabel Coaxial merupakan kabel yang digunakan untuk mentransmisikan signal elektrik dengan frekuensi tinggi melalui inti core tunggalnya. Umumnya kita ketahui bahwa kabel Coaxial digunakan untuk menghubungkan televisi dengan perangkat antena. Namun kabel jenis coaxial juga dapat kita gunakan untuk membangun jaringan komputer, menghubungkan ke internet dan juga sebagai jalur radio. http://www.votecamejo.com/technology/pengertian-dan-jenis-kabel-jaringan/


Struktur kabel Coaxial terdiri dari sebuah rangkaian kawat tembaga yang menjadi bagian inti, kemudian dilapisi oleh sebuah isolator pada lingkar dalam dan dikelilingi oleh sebuah konduktor bagian. Pada bagian lapisan pembungkus kabel ini menggunakan bahan sejenis PVC yang dijadikan lapisan isolator pada bagian luarnya.



Saat ini kabel jenis Coaxial sudah mulai ditinggalkan karena port untuk konektor BNC yang dipakai sudah jarang ditemukan pada perangkat komputer atau perangkat jaringan seperti switch dan router. Instalasi jaringan denga kabel Coaxial sulit dan butuh keahlian esktra terutama dalam membuat atau memasang konektor. https://dtechnoindo.blogspot.com/2016/10/jenis-jenis-kabel-jaringankomputer.html

Kekurangan kabel jenis ini adalah kualitas jaringan yang kurang maximal pasalnya jangkauan yang dihasilkan kabel jenis ini sangatlah terbatas.

Penggunaan dari kabel Coaxial sudah jarang saat ini digunakan ini menimbang konsekuensi dari beberapa kelemahan yang dimilki oleh kabel Coaxial itu sendiri.


   2. KABEL TWISTED PAIR


Twisted pair didesain memiliki bentuk fisik kabel yang terdiri atas beberapa pasangan yakni 4 pasang dan 8 pasang kabel kecil yang memiliki warna yang berbeda. Kabel ini kemudian dililit satu sama lain, membentuk spiral. Lalu dibungkus dengan bantuan perekat kepala kabel. Kabel jenis ini merupakan jenis kabel yang saat ini paling banyak dan umum digunakan untuk pembuatan sebuah jaringan local atau LAN.

Kabel Twisted Pair ini dibagi menjadi 3 yaitu kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), FTP (Foiled Twisted Pair) dan kabel Shielded Twisted Pair yang dikenal dengan kabel STP.
  • UTP (Unshielded Twisted Pair)
Dalam penggunaannya Kabel UTP didukung sebuah perlindungan proteksi dari kumpulan spiralnya, kabel UTP ini memiliki kelemahan diantaranya: rentan dan sensitive terhadap voltase tinggi dan medan magnet. Hal ini dikarenakan Kabel ini tidak memiliki perlindungan didalam bagian kabelnya.  Kabel jenis ini banyak digunakan pada kabel jaringa telepon dan jaringan LAN kapasitas kecil.
  • FTP (Foiled Twisted Pair)
Karena lapisan kabelnya dilindungi oleh semacam foil, kabel FTP memiliki spesifikasi yang lebih baik dibandingkan dengan kabel UTP. Hal ini membuat kabel jenis FTP memiliiki ketahanan yang lebih baik terhadap noise dan gangguan magnetic dibandingkan dengan kabel UTP
  • STP (Shield Twisted Pair)
Kabel jenis ini memiliki harga yang lebih mahal dari jenis UTP dan STP karena dilengkapi dengan shield yang membungkus sepanjang kabel. Shield berfungsi melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik. Hal ini juga yang membuat kabel sedikit kaku dan lebih berat. Kabel jenis ini cocok untuk digunakan pada perusahaan skala besar yang membutuhkan kinerja yang maksimal. Penerapan shield pada kabel jenis twisted pair memiliki tiga macam tipe, yaitu :
  • Individual Shield
Individual Shield melindungi tiap pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar.
  • Overall Shield
Overall Shield melindungi seluruh pasang kabel dengan aluminium foil. Tipe ini melindungi kabel dari terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.
  • Individual Dan Overall Shield
Tipe ini merupakan gabungan dari Individual dan Overall Shield yang mana melindungi setiap pasang kabel dan juga seluruh pasang kabel dengan foil. Hal ini berfungsi untuk melindungi kabel dari gangguan elektromagnetik dari luar dan juga mencegah terjadinya crosstalk pada tiap pasang kabel.
memang secara praktis kabel FTP dan juga kabel STP memilki banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan UTP, Namun, kabel UTP masih menjadi favorit dalam penggunaannya di sebuah jaringan komputer. Alasan  kabel UTP ini masih banyak digunakan karena kabel jenis UTP memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan kabel FTP dan STP. 
   3. KABEL FIBER OPTIK
Kabel Fiber Optik merupakan jenis kabel jaringan komputer yang memiliki spesifikasi yang tinggi dan mampu memberikan performa dan kualitas yang sngat bagus. Di awal kemunculannya, kabel Fiber Optik ini dirancang dan dikhususkan untuk sebuah jaringan yang menjadi tulang punggung (Backbone) pada sebuah perusahaan yang memiliki jaringan infrastruktur yang sangat luas dan membutuhkan kecepatan yang lebih.
Namun lama kelamaan, jaringan dengan menggunakan Fiber Optic menjadi semakin populer dan digunakan untuk keperluan jaringan secara umum, bahkan saat ini jaringan internet di rumah kita pun sudah banyak yang menggunakan Fiber Optic.
Tidak seperti dua kabel sebelumnya yang menggunakan tembaga sebagai media penghantarnya, Kabel fiber optik ini tebuat dari serat kaca atau plastik yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan.
  • Kelebihan Fiber Optik
  1. Simple dan juga fleksibel.
  2. Dapat mentransmisikan sinyal cahaya.
  3. Tahan terhadap gelombang radio.
  4. Mampu mentransmisikan sinyal dengan kecepatan tinggi.
  • Kelemahan Fiber Optik
  1. Kecepatan transmisi masih dibatasi oleh provider.
  2. Harga instalasi yang tinggi.
  3. Tidak semua provider mau mendukung jaringan menggunakan fiber optic.
  4. Apabila digunakan pada jaringan sederhana dan kecil, tidak akan berpengaruh banyak.
Jaringan biasa seperti MAN, WAN dan bahkan LAN sudah memakai kabel Fiber Optik ini karena memang bisa memberikan kecepatan dan performa koneksi yang sangat cepat dan stabil.

[]








SUMBER : 



>dan lainnya dengan modifikasi dan beberapa perubahan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar