Jumat, 13 Maret 2020

MANASIK HAJI SMPS IT MUTIARA-2K19!!

ASSALAMUALAIKUM Wr. Wb.



jumpa lagi teman-temanku yang dirahmati Allah S.W.T, bagaimana hari-hari mu?

Hari ini saya mau cerita tentang kegiatan tahunan yang di adakan sekolah saya, Coba tebak apa? Yak betul, MANASIK HAJI!


Hasil gambar untuk haji


Semua udah pada tau kan apa itu manasik haji? Manasik haji adalah peragaan rangkaian  proses ibadah haji, tata caranya, dan rukun-rukun yang harus dilaksanakan. Tujuanya tentu saja untuk melatih para calon ibadah haji tentang bagaimana cara melaksanakan ibadah haji yang benar.

Di sekolah saya SMPS IT MUTIARA, kami melaksanakan manasik haji setiap tahun. Lokasinya biasanya diadakan di mesjid Agung Usuluddin Chevron Pasific Indonesia Duri-Riau. Mungkin, mesjid ini di pilih karena memiliki lapangan dan area yang luas. Lokasinya juga dekat dengan sekolah saya.




Hasil gambar untuk masjid agung ushuluddin duri riau


Tujuan progam ini-seperti yang sudah dijelaskan tadi-adalah untuk mengajarkan pada siswa cara melaksakan ibadah haji yang benar. Dengan progam ini semoga anak-anak bisa siap pengetahuan dan mentalnya jika suatu saat Allah S.W.T memberikan rizki dan kesempatan untuk datang langsung ke tanah suci. Semoga kita semua juga diberi kesempatan melaksanakan rukun islam yang ke 5 itu ya!

Tahun ini adalah tahun ke-3 saya dan teman-teman seangkatan melaksanakan manasik di SMP. Kegiatannya dilaksakan tanggal 11 januari 2020 lalu. Memang beberapa anak sudah merasa bosan melaksanakan manasik tiga tahun berturut turut (kalau yang sd disekolah islam mungkin sudah sampai lima kali ya😅) namun tetap saja manasik ini penting untuk menambah pengetahuan kita tentang agama.

Dalam kegiatan manasik, murid laki-laki diharuskan menggunakan pakaian ihram. Sedangkan yang perempuan menggenakan baju gamis dan jilbab serba putih.

Manasik haji ini terdiri atas beberapa rangkaian kegiatan yakni tawaf, sai, tahallul, wukuf di arafah, melempar jumrah, dan lain sebagainya. Dalam manasik haji ini kami melaksanakan peragaan umrah sebelum melaksanakan haji.

Pertama-tama kami mendengarkan kata sambutan dari ketua yayasan dan kepala sekolah di lapangan mesjid sambil membaca talbiyah. Lalu, kami bersama-sama membaca niat umrah dan menuju masjidil haram dan ka'bah. Properti ka'bah dan lainnya dibuat dari kayu atau bahan seadanya,


 Hasil gambar untuk smp it mutiara dri riau manasik haji mesjid agung usuludin

Kemudian kami melaksanakan tawaf, sai, dan tahalul. tidak lupa kami ditumtun membaca doa-doa yang dianjurkan dalam setiap kegiatan. Kami juga diberi selembar kertas berisi doa-doa yang akan dibaca. Kami kemudian digiring ke tempat parkir mesjid yang diibaratkan sebagai padang arafah. Kami kemudian memeragakan kegiatan wukuf dan shalat. Lalu dilanjutkan dengan melempar jumrah dan melaksanakan rukun haji lainnya. Setelah serangkaian kegiatan selesai kami meminum air zam-zam bersama-sama. Air zam-zamnya asli lho teman-teman! Air disiapkan oleh panitia acara. Sebelum minum kami juga diharapkan membaca doa minum air zam-zam supaya lebih berkah.

oh ya tema-teman, sebenarnya kami juga telah melakukan beberapa kali gladi untuk menasik haji di mesjid usuluddin ini. hal ini supaya ketika hari H semua siswa bisa melaksanakan menasik dengan benar dan tertib.

Hikmah yang dapat kita ambil dalam acara ini tentunya mendapat ilmu yang sangat berharga.  Kita juga bisa belajar untuk memperbaiki akhlak. Dengan ini, kita belajar menunaikan perintah allah dengan baik dan selau bersabar melaksanakan perintahnya. Tidak semua orang mendapatkan pengetahuan tentang ibadah seperti ini. Maka, hendaklah kita (siswa/siswi SMPS IT MUTIARA) bersyukur dengan segala nikmat dan kesempatan yang diberikan, Jadi, jangan malas-malas lagi ikut manasik haji ya teman-teman di MUTIARA!

Selain ilmu dan pengalaman yang berharga, Kami juga mendapat bonus-bonus dalam acara ini diantaranya kami bisa merasakan kebersamaan bersama teman-teman dan guru. Kami juga bisa menikmati cemilan-cemilan nikmat dari wali murid yang datang.

Sekian dari saya, maaf kalau adala pernyataan yang kurang berkenan. Semoga dengan acara manasik haji ini dapat menggiring kita ke pelaksanaan ibadah yang sebenarnya ya!










TERIMA KASIH TELAH MEMBACA



~~~MA'A SALAMA~~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar